Sabtu, Maret 16, 2013

Pengendalian Hama Cabe diMusum Hujan

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT CABE DI MUSIM HUJAN

Pada musim  hujan  kali ini, kami melakukan kembali uji aplikasi tehnik- tehnik kami.
Kami melakukan uji aplikasi didaerah Garut, tepatnya di daerah Kp. Tutugan Leles.  Kebetulan lokasinya berdekatan dengan lokasi kantor kami.  Kabupaten Garut merupakan salah satu sentra tanaman hortikultura. Bahkan terbesar untuk daerah propinsi Jawa Barat.  Topografi dan jenis tanahnya sangat mendukung untuk ber budidaya tanaman-tanaman sayuran seperti Cabe,Tomat,Kubis,Kentang,Brokoli , kacang-kacangan dan lain sebagainya. Tetapi disisi yang lain,pengalaman petani Garut yang panjang ditunjang oleh maraknya informasi baik itu dari PPL,Formulator ataupun pengalaman antar sesama petani,menjadikan dan membentuk suatu karakter dari petani-petani diwilayah ini,sulit ditembus/sulit terpengaruh oleh suatu masukan ataupun inovasi-inovasi yang baru.
(Pengamatan awal.  Tampak tanah masih basah akibat turun hujan,dalam beberapa hari ini. )
Oleh karena itu,langkah yang kami ambil adalah sebanyak mungkin melakukan uji aplikasi diwilayah sentra-sentra tanaman,dan memperlihatkan kepada petani hasil-hasil dari aplikasi yang kami lakukan dilapangan.  Ternyata cara ini efektif untuk secara perlahan tapi pasti,merubah paradigma dan konsep pertanian petani-petani di wilayah Garut.
Berikut ini adalah hasil aplikasi yang kami lakukan.  Pengambilan gambar pertama dilakukan pada tanggal 28 Desember 2011. Bisa diperhatikan latar belakang pengambilan gambar (Sebagai patokan pohon pisang dibelakang sana).
Hasil dari pengalaman kami,diwilayah garut ini,ingin kami bagikan untuk petani-petani di Indonesia,kami ingin berbagi dan mentranfer tehnologi kami kebarbagai daerah.
Ada satu hal yang baru dalam uji aplikasi kali ini,yaitu, bedengan yang kami gunakan,merupakan bedengan bekas. Artinya tidak lagi membuat bedengan baru tetapi merupakan bedengan lama dan tidak merobah bentuk bedengan.
Kang Ujang,petani mitra kami,dari kampung Tutugan Leles,Garut, dalam uji coba kali ini.
Pengambilan gambar kami arahkan kesebelah Utara kebun
Selanjutnya pengamatan /pengambilan gambar ke dua, dilakukan pada tanggal 17  Januari 2012,hasilnya sebagai berikut
Pertumbuhan tanaman sudah mulai merata. Bisa diperhatikan pengambilan gambar masih dalam lokasi yang sama. Ada pohon pisang dan 3 pohon besar dibelakang sana.
Adapun langkah yang kami lakukan pada saat musim hujan seperti saat ini adalah,mencegah terjadinya penyakit busuk daun,busuk batang dan keriting daun
Pengambilan gambar kami arahkan kesebelah selatan kebun. Maaf teman, kami bukan bermaksud hanya sekedar memperlihatkan hasil aplikasi kami dilapangan.  Dalam hal ini kami memang tidak mengungkapkan tehnik aplikasi secara detail,karena pola/cara pemberian pupuk dan pestisida akan sangat berbeda pada setiap pertanaman. Kami berharap,apabila anda tertarik dan ingin menggunakan tehnik kami,dapat berinteraksi secara langsung dengan kami,di nomor yang kami terakan pada bagian lain,web kami.
Pengambilan gambar dari sisi timur lokasi.  Hama yang diwaspadai adalah hama ulat/uret,yang biasa memotong pangkal batang,dalam hal ini yang kami lakukan adalah dengan penyemprotan insektisida alami PROTEK-tan.
Pengamatan ketiga dilakukan pada akhir bulan Januari 2011,hasilnya sebagai berikut
Pertumbuhan tanaman serempak,tunas-tunas subur dan tidak nampak terjadinya gejala keriting daun.
Dengan telaten kang Ujang,merawat tanamannya dengan tehnik kami. PT.KEMBANG LANGIT
Pertumbuhan tanaman seragam,bunga dan buah sudah mulai membentuk. Untuk memacu pertumbuhan bunga dan buah kami tidak lagi menggunakan Hormon pertumbuhan yang bersumber dari kimia.
Pupuk daun pun tidak kami gunakan lagi,kami hanya menggunakan PROTEK-tan,untuk memacu pertumbuhan tunas,bunga dan buah
Apalagi insektisida kimia berbahan aktif Abamektin,kang ujang malah tidak “mengenalnya”.
Pengecoran/pemberian pupuk dari bawah,kami menggunakan PROTEK-tan plus pupuk kimia dengan dosis yang sangat rendah.
Sambil aplikasi ini berlangsung,kami mewaspadai timbulnya hama trips,tungau,ulat ,patek dan layu fusarium.  Pemberian makanan/pupuk organik dan pestisida organik (dalam hal ini,PROTEK-tan,PESNATOR, POCAniL dan pupuk CAS),sangat penting untuk mendapatkan kondisi yang sehat. Ada satu asumsi yang kami jadikan ebagai pedoman yaitu, apabila tanaman sudah sehat tentunya tidak perlu lagi ” OBAT-OBATAN” terutama obat kimia/PESTISIDA KIMIA.
Ok. Sebagai pembanding kami tampilkan tanaman tetangga yang berdekatan dengan kebun uji aplikasi kami.  Ini dia hasilnya (tanaman pembanding ini, bibit dan usianya sama dengan tanaman yang sedang kami uji terapkan. Kebetulan pemilik tanaman pembanding ini adalah adik kandung dari kang Ujang sendiri).
Hasil aplikasi sebelah kanan (ada kang ujang sedang berdiri) merupakan hasil aplikasi menggunakan tehnik kami. PT. KEMBANG LANGIT ,sedangkan sebelah kiri ,dibawah pohon menggunakan tehnik kimia murni.
Tanaman ini ,menggunakan tehnik secara kimia murni,silahkan dibandingkan dengan tehnik Alami versi kembang langit.  Konsep dasar yang kami jadikan pegangan adalah,untuk pengendalian hama dan penyakit cabe dimusim hujan adalah dengan mengkondisikan agar tanaman,sehat. Pengertian tanaman sehat menurut versi kami adalah tanaman yang memiliki karekteristik sebagai berikut, DAUN TEBAL,TETAPI LENTUR, DAN WARNA DAUN KEBIRU-BIRUAN,BATANG KEKAR TIDAK MUDAH PATAH,BUAH PADAT BERISI.  Sedangkan untuk mendapatkan kondisi ini adalah dengan memberikan makanan yang sehat yang bersumber dari alam,bukan malah diberikan dengan makanan/pupuk yang bersumber dari kimia.
Sedangkan ini adalah hasil aplikasi menggunakan PROTEK-tan. Beberapa hal yang patut diwaspadai seperti curah hujan yang tinggi seperti saat ini adalah tipisnya daun,batang dan buah.  Kondisi yang tipis ini,justru menyebabkan tanaman rentan terserang Hama dan penyakit.  Tehnik pengendalian yang paling utama adalah dengan memberikan makanan dan obat yang bersifat alami. Pemberian pupuk kimia dan pestisida kimia,sebenarnya justru membuat tanaman menjadi lemah dan mudah sakit.  Ok. selanjutnya,Ulasan lebih jauh kami kemukakan secara berkisinambungan,sesuai fakta dan kondisi tanaman dilapangan.
PERTANIAN ORGANIK SUATU KEHARUSAN BUKAN PILIHAN !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar